Jumat, 30 Januari 2009

Musik Indie

Musik Indie
Musik yang Tengah Berkibar

Mendengar musik indie, pasti yang terbayang adalah musik ngerock dengan personil urakan berdandan seperti komunitas punker yang memakai rantai, rambut ala indian, tato dan baju yang nyleneh. Padahal, jika dilihat pada masa sekarang, band indie jauh dari kesan itu, memang si gayanya ngrock, tapi pakaiannya terkesan dandy, contohnya band Mocca, Ten2Five dan Maliq & D Essentials yang kini besar dikancah permusikan Indonesia.
Musik Indie sendiri berasal dari kata Independent yang berarti bebas. Merujuk kata bebas, lagu-lagu indie diciptakan, diaransemen, dirilis albumnya dan didistribusikan sekaligus dipromosikan sendiri oleh band indie dalam memperjuangkan keberadaannya.
Band indie memang berbeda, meraka tidak bergabung dengan band yang bergabung dengan jalur label besar. Walaupun mereka indie, eksistensinya kini mulai tampak, sebut saja sederet band yang kini menjadi band indie papan atas di Indonesia, seperti Mocca dengan lagu-lagu baratnya, Ten2Five dengan lagu mengalun romantis dan Superman is Dead.

Musik adalah luapan emosi jiwa yang paling dalam dari setiap individu, maka cara pemusik mengungkapkan ekspresinya berbeda-beda, ada yang nge-jazz, dangdut, rock sampai campursari, itu semua merupakan cara untuk menunjukkan seleranya. Namun, seringkali ekspresi musik mereka diatur-atur agar sesuai dengan selera pasar. Mereka rela merubah ekspresi musiknya demi selera pasar dengan alasan takut terancam gulung tikar karena tidak laku dipasaran. Jadi, bisa dikatakan saat ini sedikit band yang masih bertahan berjualan musik sendiri.

Banyak cara yang bisa ditempuh oleh band-band indie yang ingin memasarkan lagunya, salah satunya degan memanfaatkan media informasi dan komunikasi yang kini tengah berkembang pesat. Salah satunya dengan mengirimkan demo ke radio-radio besar. memang dengan diputarkannya lagu melalui radio, promosi jauh lebih mudah karena langsung didengar oleh konsumen. Tapi bisa dibayangkan, berapa ribu band indie yang ada dikota ini yang juga ingin musiknya diputar, sehingga tidak banyak lagu-lagu indie yang bisa didengar. Bisa dibilang berat jika ingin menembus radio besar. Namun itu semua sekarang tidak perlu menjadi masalah, teknologi digital sangat membantu demo album-album indie. Internet bisa menjadi media untuk memamerkan lagu-lagu indie. Dengan memasukkan lagu-lagu indie diwebsite, account-account jaringan umum seperti Myspace atau Multiply, lagu-lagu indie bisa dipromosikan.
Berminat menjadi band indie ngetop? Bisa dicoba mulai sekarang!

Liesna Eka Noviani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar